Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun

Anak pada usia 2 tahun akan mengalami perkembangan yang pesat di otaknya. Perkembangan ini nantinya akan berguna bagi si kecil dalam persiapan untuk hidup bersosialisasi. Selain itu, pada umur 2 tahun, anak juga akan mengalami perkembangan di berbagai aspek semisal fisik, sensorik, motorik, emosi dan social. Pada masa ini anak umumnya sudah bisa untuk berjalan, melompat, dan berbicara. Pada dasarnya, setiap tahun dari perkembangan anak memiliki standarnya masing-masing. Khusus artikel berikut ini akan dibahas tumbuh perkembangan anak usia 2 tahun.

  1. Pertumbuhan fisik

Pada bagian fisik, anak yang berusia 2 tahun akan memiliki gigi berjumlah 16 buah. Tinggi badan bayi laki-laki normalnya adalah 82-90 cm dengan berat badan berada dikisaran 10-13 kg. untuk bayi perempuan, berat ideal mereka adalah 9-13 kg serta dengan tinggi 80-90cm. anak bayi yang memiliki angka berat badan di bawah atau diatas dari angka tersbut kemungkinan mengalami kekurangan berat dan obesitas. 

  1. Perkembangan sensorik dan kognitif

Anak pada umur ini akan bisa membedakan warna, mengingat nama aggota keluarga dekat, sampai mengerti perintah yang terdiri dari 2 kata semisal tutup pintu, buka pintu dan lainnya. Selain itu, anak umur 2 tahun ini sudah bisa memproduksi 2-3 kata. Kosakata mereka pun menaglami kenaikan sampai 300 kata. Dengan kosakata sebanyak itu anak sudah mulai bisa mengekspresikan apa yang dia rasakan meski tata bahasanya belum sepenuhnya benar.

  1. Perkembangan keterampilan motorik

Pada perkembanganya, anak pada usia 2 tahun akan mengalami peningkatan di aspek motoriknya pula. Peningkatan itu ditandai dengan sudah mulai bisa mengkoordinasikan gerakanya dengan gerakan lain di waktu yang berurutan. Misalnya, berlari tanpa terjatuh, menendang bola tanpa terpeleset, menaikai tangga sambil berpegangan pada gagangnya, samapi pada berdiri dan membuka gagang pintu. Pada tahap ini anak juga sudah mulai sensitive dengan lingkungan sekitar.

  1. Perkembangan emosi dan sosial

Anak pada umur 2 tahun akan mulai menunjukkan semangat ketika bertemu dan bermain dengan teman sebayanya. Selain itu, anak umur 2 tahun ini sudah mulai menunjukkan sifat mandiri. Semisal sudah mulai bisa memakai pakaian sendiri dan makan sendiri.

Selain itu, anak pada umur 2 tahun ini terkadang belum bisa meninggalkan kebiasaan buruk semasa kecilnya semisal mengemut jempol jari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *